Aktivis Nani Zulminarni Dijagokan Jadi Menteri Pemberdayaan Perempuan

Print

Jakarta - Tiga perempuan 'bersaing' di bursa seleksimenteri.com untuk menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dari 3 nama tersebut, Nani Zulminarni muncul sebagai kandidat yang dijagokan. Seperti apa sepak terjang Nani?

Perempuan berusia 52 tahun ini adalah lulusan Institut Pertanian Bogor yang pernah bekerja di Pusat Pengembangan Agribisnis (PPA). Nani kemudian merintis Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) dan menjadi direkturnya pada tahun 1995. Perhatiannya terhadap masalah yang dialami perempuan kemudian berkembang saat ia mulai mengadvokasi para janda pada tahun 2001.

 


Dari inisiasi Komnas Perempuan, Nani kemudian mendirikan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). Visi PEKKA adalah pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam rangka ikut berkontribusi membangun tatanan masyarakat yang sejahtera, adil gender, dan bermartabat.

Di tangan Nani, PEKKA lantas mengembangkan diri. Progam PEKKA tidak hanya merangkul para janda, tetapi juga para perempuan lajang yang menanggung beban keluarga dan para istri yang suaminya cacat atau sakit permanen.

Nani membantu wanita yang menjadi kepala rumah tangga, janda, mereka yang bercerai, mereka yang telah ditinggalkan oleh suami mereka, mereka yang suaminya cacat atau sakit, dan wanita-single untuk mengenali diri mereka sehingga mampu membuat kontribusi penting kepada masyarakat, baik sebagai individu maupun kolektif. Berkat kiprahnya ini, Nani mendapat sejumlah penghargaan, salah satunya adalah Ashoka Fellowhip pada tahun 2007.

Hingga Senin (8/9/2014) pukul 10.00 WIB, Nani memperoleh 57% dukungan pembaca. Sementara itu, kandidat lainnya yaitu Andi Wahyuningsih Attas mendapat 19% dukungan dan Retno L P Marsudi sebanyak 25% dukungan.

Anda juga dapat berpartisipasi untuk memilih calon menteri yang paling hebat. Ikuti pollingnya di sini.

www.detik.com

 

FaLang translation system by Faboba
National Secretariat
Jl.Pangkalan Jati V No.3 RT 011/05 Kel.Cipinang Melayu,Kec.Makasar Jakarta Timur Jakarta 13620 Indonesia
Phone: +62 21 860 9325 or 862 8706, Fax: +62 21 862 8706
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.