Belajar Memotret Kehidupan

Banyak orang sepakat bahwa foto dapat mengungkapkan banyak fakta secara lebih nyata dan bermakna. Foto juga dapat berbicara dengan sendirinya, menyampaikan pesan baik secara eksplisit maupun tersirat dan melampaui keterbatasan literasi bagi orang yang melihat foto tersebut. Selain itu foto juga merupakan alat bantu untuk melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang.

Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA), sejak awal menyadari kekuatan foto dalam proses pemberdayaan yang dilakukan. Bagi PEKKA, foto tidak hanya sebagai salah satu bentuk dokumentasi, namun juga alat pemberdayaan yang efektif bagi perempuan kepala keluarga. Beberapa orang kader PEKKA pernah dilatih fotografi dan mereka telah mampu mengabadikan berbagai aspek kehidupan di sekitarnya. Cukup banyak karya foto ibu-ibu Pekka syarat pesan sosial yang dalam telah dipamerkan dalam berbagai arena termasuk di tingkat desa hingga tingkat internasional.

Berdasarkan pengalaman tersebut, maka seknas PEKKA kembali mengadakan pelatihan fotografi bagi kader-kader yang potensial. Peserta  yang dilatih adalah mereka yang punya kemauan dan berkomitmen untuk bekerja menjadi fotografer lokal dalam rangka mendokumentasikan kegiatan-kegiatan program-program pemberdayaan masyarakat.

Secara umum pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kader dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pendokumentasian pelaksanaan program pemberdayaan di masyakarakat melalui foto dan menjadi kader fotografi. Kader foto yang telah dilatih berkomitmen untuk melakukan tugas pendokumentasian secara berkala di lapangan yang dalam pelaksanaannya didampingi oleh pendamping lapang setempat.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, peserta dilatih tentang keterampilan teknis fotografi maupun visioning dan kerangka program. Dalam pelatihan keterampilan teknis fotografi meliputi pengenalan peralatan kamera digital, pengenalan teknik-teknik fotografi (sudut pengambilan gambar, jenis dan ukuran gambar), penyusunan naskah sederhana dan membuat cerita foto serta praktek penyelenggaraan pameran.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari, pada tanggal 1 – 5 Pebruari 2009 yang bertempat di Villa Kota Bunga, Cianjur, Jawa Barat. Peserta yang berasal dari 8 wilayah dampingan pekka yaitu Jabar, Jateng, NAD, Kalbar, Sultra, Malut, NTT. NTB dan Jakarta.

Setelah mereka kembali ke wilayah masing-masing, peserta mengemban tugas untuk memotret keterlibatan perempuan dalam program PNPM serta potret kehidupan masyarakat sehari-hari. Selanjutnya foto-foto tersebut digunakan untuk proses-proses penyadaran kritis di tingkat masyarakat maupun dalam kegiatan pameran foto di wilayah masing-masing.

FaLang translation system by Faboba
Sekretariat Nasional
Jl.Pangkalan Jati V No.3 RT 011/05 Kel.Cipinang Melayu,Kec.Makasar Jakarta Timur Jakarta 13620 Indonesia
Phone: +62 21 860 9325 or 862 8706, Fax: +62 21 862 8706
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.