Kegiatan publikasi dan dokumentasi

Kegiatan pengembangan sistem pendukung difokuskan pada dua hal yaitu dokumentasi  publikasi dan  media rakyat, serta pengembangan sekretariat nasional Pekka.

1.    Dokumentasi, publikasi dan media rakyat
Dokumentasi dan publikasi dititik beratkan pada pembuatan video, foto dan buku, terkait dengan kegiatan Pekka dan pengalaman personal Pekka.  Pada periode 2005 – 2008, telah diproduksi 34 video yang terdiri dari 12 video cerita dokumenter dan 22 berupa video dokumentasi kegiatan. Video ini umumnya berdurasi antara 6 – 22 menit.  Seluruh video telah diputar diberbagai kesempatan kegiatan Pekka maupun dengan fihak lain.  Video yang diproduksi ini memang menjadi alat komunikasi yang efektif dalam menginformasikan perkembangan dan kegiatan Pekka kepada masyarakat luas.

 

Selain video, Seknas juga mendokumentasikan kegiatan dan perkembangan Pekka dalam bentuk foto-foto. Tercatat ada 35,329 foto berbagai kegiatan Pekka di pusat dokumenatsi Seknas. Foto-foto ini diklasifikasikan dalam 15 kategori yaitu foto Forum Wilayah Pekka, Forum Nasional Pekka, Center Pekka, Pemberdayaan hukum, LKM, UKM, Media Rakyat, Kesenian & Budaya, Moneva, Pelatihan, Pendidikan, Serikat, foto Gambaran Umum wilayah PEKKA,Internasional dan lainnya.

Sebagai upaya publikasi Pekka, telah diupayakan pula untuk menerbitkan buku dan buletin Pekka yang telah dirintis sejak periode sebelumnya. Pada periode ini telah terbit 4 buletin Cermin yang merupakan karya tulis anggota kelompok Pekka. Setiap terbitan memuat tema tertentu. Tema ke empat buletin terkait dengan tematik program yang dikembangkan di Pekka. Pada periode ini fokus tema buletin Cermin adalah Hak Pendidikan bagi Semua, Perempuan Kepala Keluarga yang Memimpin, Pekka Pengusaha Bisa Juga, dan Bicara bank bagi Pekka.

Selain itu pada periode ini juga di cetak ulang sebanyak 1000 eksemplar buku seri pertama, Sebuah Dunia tanpa Suami hasil karya anggota kelompok Pekka yang terbit pertama kali pada periode sebelumnya.  Meskipun pada akhir tahun 2008 ini belum sempat diterbitkan karena berbagai sebab, upaya publikasi cetakan telah dirintis dengan penulisan tiga buah buku yaitu seri kedua Sebuah Dunia tanpa Suami berupa kumpulan 14 kisah yang ditulis anggota kelompok Pekka di Aceh,  dan seri ketiga Sebuah Dunia tanpa Suami berupa kumpulan 21 tulisan refleksi pendamping lapang Pekka.  Buku ketiga yang telah ditulis adalah berbagai pendekatan yang telah dilakukan dalam Pekka beserta kumpulan kerangka, alat dan kisah-kisah dari lapangan.  Ketiga buku ini telah berbentuk draft dan diharapkan dapat diterbitkan diawal tahun 2009 mendatang.

Guna menurunkan kemampuan dokumentasi di tingkat kelompok, maka mulai tahun 2008 Seknas juga mengembangkan program media rakyat dengan penekanan pada pengembangan video dan radio komunitas.  Hingga akhir tahun 2008 telah diadakan dua kali pelatihan video komunitas bagi kader Pekka yaitu yang pertama diadakan di Aceh diikuti oleh 16 orang peserta, dan di Jakarta di ikuti oleh 12 orang peserta.  Selesai pelatihan telah pula didirikan 7 stasiun video komunitas yang tersebar di beberapa wilayah Pekka.  Setelah Studio didirikan, kader kembali dibimbing melalui pelatihan langsung di lapangan.  Selama tahun 2008 paling tidak ada 7 kali pelatihan di tingkat wilayah yang telah dilakukan dengan melibatkan 28 orang peserta.  Hingga akhir tahun ini  ke tujuh stasiun tersebut telah memproduksi 13 video cerita dari lapangan dengan berbagai fokus isue.

Media rakyat lainnya yang juga dikembangkan diperiode ini adalah radio komunitas. Hingga akhir 2008 telah dilakukan dua kali pelatihan radio komunitas yaitu di Aceh diikuti oleh 21 peserta dan di Jakarta dihadiri oleh 23 orang peserta yang terdiri kader calon pengelola Radom Pekka di wilayahnya.  Selesai pelatihan, kemudian didirikan radio comunitas di beberapa wilayah Pekka.  Hingga akhir tahun 2008 telah berdiri 5 stasiun radio Pekka yaitu 4 di Aceh dan satu di NTB.  Radio ini dikelola oleh kelompok Pekka dan menjadi sarana komunikasi rakyat yang sangat efektif.

FaLang translation system by Faboba
Sekretariat Nasional
Jl.Pangkalan Jati V No.3 RT 011/05 Kel.Cipinang Melayu,Kec.Makasar Jakarta Timur Jakarta 13620 Indonesia
Phone: +62 21 860 9325 or 862 8706, Fax: +62 21 862 8706
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.