PEKKA MALUKU UTARA MENGGELAR YANDU

Pelayanan Terpadu (Yandu) dalam rangka pemenuhan identitas hukum masyarakat miskin digelar pertama kali di wilayah Pekka Maluku Utara pada tanggal 20 Agustus 2015. Bertempat di Ruang Terbuka di kecamatan Galela Induk, Yandu dihadiri oleh 146 warga untuk menjalani sidang itsbat nikah bagi beragama Islam dan prosesi pencatatan pernikahan bagi beragama Kristen, serta permohonan pembuatan akte kelahiran.

 

Acara Yandu dimulai pukul 10.00 waktu setempat, diawali dengan sambutan dari Ketua Serikat Malut, dilanjutkan dengan sambutan dari Seknas PEKKA dan terakhir sambutan Camat Galela Induk – Bapak Ahmad Kacoa sekaligus membuka acara Yandu secara resmi.

Nursia Yaru, ketua Serikat Pekka menyampaikan bahwa banyak sekali masyarakat yang belum memiliki identitas terutama pasca konflik. Untuk itu, Pekka mengorganisir acara Yandu untuk membantu masyarakat. Ia juga berharap kepada masyarakat jika proses penyelesaian KK, Akte Lahir dan Buku Nikah memakan proses lama, dan berharap masyarakat untuk bersabar.

Doli Anita Bahari (40) dan Suaminya Bapak Sornius Galela (42) salah satu penerima manfaat dari  Yandu ini mengaku senang dan sangat membantu masyarakat dengan kegiatan Yandu. “ Acara ini bagus, baik, sangat dinantikan, torang so nikah merasa butuh buku nikah” tutur Doli. Menurutnya kepemilikan identitas hukum ini memberikan kemudahan dalam mengurus pendidikan anak.

Ibu tiga anak ini juga menambahkan, “jika kita baku marah, baku pisah harus punya buku nikah, ada pegangan yang kuat.”  

FaLang translation system by Faboba
Sekretariat Nasional
Jl.Pangkalan Jati V No.3 RT 011/05 Kel.Cipinang Melayu,Kec.Makasar Jakarta Timur Jakarta 13620 Indonesia
Phone: +62 21 860 9325 or 862 8706, Fax: +62 21 862 8706
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.