YANDU PEKKA KALIMANTAN SELATAN

Serikat Pekka Kalimantan Selatan menyelenggarakan Pelayanan Terpadu (Yandu) khususnya di Kecamatan Haur Gading, tanggal  06 Oktober 2015. Terdapat 20 pasang yang mengikuti kegiatan Yandu ini.  

Namun, dari 20 pasang yang mengajukan akte kelahiran hanya 11 akte kelahiran  yang bisa dilayani dan 10 buku nikah yang bisa dikeluarkan. Sisanya akan dilakukan setelah pelaksanaan sidang Yandu. Hal ini disebabkan oleh faktor teknis yang terjadi selama pelaksanaan, yakni terbakarnya server Pengadilan Agama akibat tersambar petir.

Selain itu faktor teknis, faktor pemahaman antar instansi juga menjadi bagian dari kendala tersebut. Yang paling memahami Yandu adalah Pengadilan Agama,  namun instansi lainnya yang  berkepentingan justru tidak mengerti tentang Yandu. 

 

Misalnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, proses pembuatan akta kelahiran yang semestinya dilakukan ketika pelaksanaan Yandu, ini dilakukan sebelum pelaksanaan Yandu dan tetap melalui proses pendaftaran ke KPT terlebih dahulu. Padahal yang berwenang mengeluarkan akta kelahiran adalah Catatan Sipil, bukan KPT dan tujuan dari Yandu itu sendiri adalah mempermudah masyarakat dalam mengakses identitas hukum.

Pelaksanaan Yandu yang digagas Pekka mendapat apresiasi dari pemerintah dan masyarakat Pekka sebab manfaat dari Yandu dirasakan langsung oleh masyarakat dan merupakan hal baru di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kegiatan ini juga sebagai langkah penting dalam mendidik masyarakat akan pentingnya kesadaran hukum.

 

FaLang translation system by Faboba
Sekretariat Nasional
Jl.Pangkalan Jati V No.3 RT 011/05 Kel.Cipinang Melayu,Kec.Makasar Jakarta Timur Jakarta 13620 Indonesia
Phone: +62 21 860 9325 or 862 8706, Fax: +62 21 862 8706
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.