LAPORAN TAHUNAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KEPALA KELUARGA (PEKKA) 2015

Jika dilihat dari grafik sumberdaya yang ada di PEKKA sejak didirikan hingga kini dapat dikatakan tahun 2015 merupakan titik balik mulai menurunnya sumberdaya yang dapat diakses PEKKA.  Tanpa membatasi kemungkinan untuk mendaki lebih tinggi, sepertinya ini saat yang tepat untuk berhenti sejenak melihat pendakian yang telah dilalui, kemudian membuat perhitungan yang cermat untuk langkah kedepan.  2015 juga merupakan tahun penuh momentum penting bagi PEKKA.  Ada dua langkah besar yang diambil PEKKA di tahun 2015 yang akan berpengaruh bagi keberlanjutan PEKKA kedepan yaitu pembentukan Komisi Pembaharuan PEKKA dan serta dimulainya inisiatif baru mengembangkan lembaga pendidikan yang diberi nama Akademi PARADIGTA.  Selain itu, keberlanjutan dari inisiatif pengembangan KLIK PEKKA dan Alta Karya juga menunjukkan arah yang semakin jelas kedepannya dalam proses pengembangan di tahun ini.

Komisi Pembaharuan PEKKA yang terdiri dari perwakilan Seknas PEKKA, tim fasilitator lapang, pengurus Federasi Serikat Pekka dan Pengurus Serikat Pekka mendapatkan mandat untuk merancang bentuk kesatuan dan mekanisme kelembagaan dari  lembaga dan elemen-elemen yang lahir dan berkembang dalam proses PEKKA selama 14 tahun terakhir.  Sedangkan AKADEMI PARADIGTA merupakan inisiatif kelembagaan pendidikan terstruktur yang dikembangkan berdasarkan pengalaman mengembangkan kader-kader Pekka selama ini, sebagai respons terhadap sulitnya perempuan di desa terlibat dalam pengambilan keputusan selama ini.  Kehadiran AKADEMI PARADIGTA bertepatan dengan momentum penerapan Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa, yang sejatinya akan membuka ruang dan kesempatan bagi perempuan dan kelompok marjinal lainnya untuk terlibat aktif membangun desanya. 

 

Sementara itu, KLIK PEKKA yang awalnya merupakan strategi melakukan penyadaran dan pelayanan kasus-kasus hukum bagi komunitas Pekka, telah berkembang menjadi embrio bagi pengembangan kelembagaan konsultasi dan bantuan hukum bagi masyarakat desa.  Dan Alta Karya sebagai inisiatif pemasaran produk karya komunitas Pekka sepertinya menemukan jalan untuk dikembangkan menjadi instrumen strategis penguatan ekonomi komunitas Pekka berskala nasional.

Selain hal-hal tersebut diatas, pada tahun 2015 ini PEKKA mengerjakan beberapa kegiatan yang sangat penting yaitu pembuatan film layar lebar doku drama pergerakan Pekka dan penulisan buku Pekka berjudul Melawan Keganjilan, yang akan menjadi produk “knowledge” atau produk pengetahuan yang di refleksikan dari perjalanan panjang pengorganisasian Pekka di lapangan.  Untuk kedua kegiatan penting ini Seknas PEKKA bekerja sama dengan beberapa lembaga lain seperti Biru Terong Initiative (BTI) untuk pembuatan film dan SEAPCP beserta INSIST untuk penulisan Buku Melawan Keganjilan.  Meskipun bekerjasama dengan  lembaga lain, proses pembuatan film tetap melibatkan secara penuh tim media Seknas PEKKA dan komunitas Pekka di lapangan sebagai bagian dari proses peningkatan kapasitas tim.  

Laporan tahunan PEKKA 2015 ini merupakan bentuk tanggung jawab kami menyampaikan perkembangan PEKKA, refleksi perjalanannya, serta rencana kedepan.  Seluruh tim PEKKA dan Federasi Serikat Pekka berkontribusi besar dalam menyelesaikan laporan ini.  Semoga laporan ini dapat menjadi salah satu referensi dan pembelajaran bagi berbagai pihak yang berkepentingan.  Kami tentunya mengharapkan masukan yang membangun bagi pengembangan PEKKA kedepan.  

 

Terima kasih untuk semua pihak yang mendukung PEKKA.  Selamat membaca laporan ini.

 

 

Jakarta, 15 Januari 2016 

 

 

Nani Zulminarni

Direktur PEKKA

 Selengkapnya (download PDF)

 

 

 

 

FaLang translation system by Faboba
Sekretariat Nasional
Jl.Pangkalan Jati V No.3 RT 011/05 Kel.Cipinang Melayu,Kec.Makasar Jakarta Timur Jakarta 13620 Indonesia
Phone: +62 21 860 9325 or 862 8706, Fax: +62 21 862 8706
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.