Nani Zulminarni: Memperjuangkan Kemandirian Perempuan Kepala Keluarga

Cetak

Nani Zulminarni, adalah perempuan pejuang hak-hak perempuan yang konsisten, terutama para perempuan janda ini telah merangkul begitu banyak perempuan melalui gerakan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) yang didirikannya, yang setidaknya tersebar di 20 provinsi di indonesia.  

“Pekka membantu mereka mengembangkan diri melalui pelatihan yang menunjang keterampilan mereka mulai dari mendirikan koperasi berbasis komunitas dengan meningkatkan usaha ekonomi produktif, menjual hasil tani organik, tenun, tata rias, dll, sehingga meningkatkan pendapatan mereka.”

Para perempuan juga dilatih membuat dokumentasi cerita kehidupan pribadi mereka melalui video, cerita foto dan membentuk jurnalis warga berbentuk Buletin Kampung. Saat ini mereka sudah menghasilkan beberapa buku. Satu di antaranya kumpulan tulisan berjudul ‘Sebuah Dunia Tanpa Suami.’ Selain itu mereka juga memperkuat basis kegiatan dengan mendirikan community center untuk belajar, seperti PAUD, pendidikan buta huruf, politik kewarganegaraan.

PEKKA turut memfasilitasi perempuan untuk berkonsultasi melalui klinik hukum bergerak, hukum perlindungan sosial, paralegal yang sebulan sekali keliling desa untuk mendengar keluhan para perempuan, melakukan monitoring melalui SMS dan membawa keluhan para perempuan korban kekerasan ke tingkat parlemen lokal. PEKKA juga melakukan pendampingan advokasi bagi perempuan korban kekerasan, para janda yang sulit memperoleh catatan kependudukan bagi anak-anak mereka. PEKKA bekerja sama dengan beberapa LBH seperti APIK dan LBH dari universitas di wilayah dimana advokasi dibutuhkan.

 

“Saat ini PEKKA telah menjadi Organisasi Serikat Kepala Keluarga dan sedang mempersiapkan diri membentuk federasi di tingkat nasional untuk semakin meningkatkan kapasitas mereka, memperkuat advokasi dan memperkuat kepemimpinan.”

Tahun 2016, PEKKA memiliki program baru yang juga menjadi program utama: PARADIGTA. Paradigta meliputi antara lain: program pendidikan, latihan terstruktur yang melatih perempuan-perempuan untuk menjadi perempuan pemimpin. “Program ini terbuka bagi perempuan mana saja tanpa terkecuali.” 

Program ini akan berada di 7 titik provinsi, antara lain: Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara.

Tetap semangat dan terus berkarya Ibu Nani Zulminarni.

 

Oleh  : Sisilia Jemana – PWAG Indonesia

FaLang translation system by Faboba
Sekretariat Nasional
Jl.Pangkalan Jati V No.3 RT 011/05 Kel.Cipinang Melayu,Kec.Makasar Jakarta Timur Jakarta 13620 Indonesia
Phone: +62 21 860 9325 or 862 8706, Fax: +62 21 862 8706
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.