Pelatihan Tim Promotor Pekka-Perintis

Cetak

Pada tanggal 13-16 November 2016 yang lalu, PEKKA mengadakan Pelatihan Nasional Tim Promotor Pekka-Perintis dengan judul “Perempuan Kepala Keluarga Inovator Indonesia Untuk Mengakhiri Kemiskinan” di Hotel Grand Savero, Bogor. Pelatihan ini dihadiri oleh 104 perempuan dari 34 provinsi di Indonesia yang telah berkomitmen menjadi Tim Promotor Pekka-Perintis.

Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk membentuk tim kerja Pekka Perintis yang disebut sebagai Promotor dari tingkat wilayah hingga tingkat Nasional. Secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk: pertama, mengidentifikasi minimal 104 orang Promotor dari 34 Provinsi yang akan menjadi penggerak Pekka-Perintis di wilayahnya masing-masing. Kedua, melatih 104 orang Promotor Pekka Perintis dalam penggunaan aplikasi untuk menjangkau Pekka perintis. Ketiga, mengorganisir Promotor Pekka Perintis untuk mengidentifikasi dan menghimpun cerita minimal 1,000 orang Pekka Perintis dari wilayah yang berbeda di seluruh Indonesia. Dan keempat, mengelola data dan cerita Pekka Perintis yang telah dikumpulkan. 

Latar belakang kegiatan ini lahir adalah karena adanya program unggulan KPPPA yang diberi nama Three End yaitu Akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia, dan akhiri kesenjangan ekonomi yang diluncurkan pada tahun 2016. Program ini menjadi salah satu jawaban dan menjadi strategi untuk mengakhiri kemiskinan yang dihadapi perempuan khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Tak dapat dipungkiri kemiskinan merupakan sebab dan akibat dari tiga aspek dalam Three End tersebut dan menjadi prasyarat tercapainya Nawacita khususnya cita ke 5, 6 dan 7 yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, produktivitas rakyat, dan mewujudkan kemandirian ekonomi. 

Subyek utama dari program Three End dan upaya penghapusan kemiskinan untuk mencapai tujuan 5, 6, dan 7 Nawacita Presiden RI, adalah perempuan kepala keluarga (Pekka). Sejak tahun 2008 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) telah memberikan perhatian khusus pada Pekka salah satunya telah dimuat dalam kertas kebijakan untuk kesetaraan gender tahun 2011. 

Saat ini lembaga Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pemberdayaan Pekka) telah 1 Badan Pusat Statistik, 2014. Perempuan dan Laki-laki di Indonesia 2014 2 PEKKA & SMERU, 2014. Menguak Keberadaan dan Kehidupan Perempuan Kepala Keluarga: Laporan Hasil Pemantauan Kesejahteraan Berbasis Komunitas (SPKBK-PEKKA). TOR PROMOTOR PEKKA PERINTIS Page 2 mendampingi dan memperkuat perempuan kepala keluarga miskin melalui kelompokkelompok berbasis di desa yang telah mencapai lebih dari 1,200 kelompok, tersebar di 20 Provinsi, mengembangkan berbagai inovasi dan kegiatan untuk mengatasi kemiskinan, melawan berbagai bentuk kekerasan dan menjadi pemimpin serta penggerak perubahan sosial di masyarakatnya. Dalam rangka memperluas jangkauan dan memperkuat peran penting Pekka tidak hanya sebagai penerima manfaat upaya pengentasan kemiskinan, namun juga sebagai subyek dan penggerak masyarakat untuk melaksanakan Three End dan mencapai Nawacita, maka perlu dilakukan upaya khusus yang terstruktur dan berkesinambungan. 

Untuk mewujudkan upaya ini maka Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) bekerjasama dengan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dan Inspirasi Tanpa Batas (INSPIRIT) akan mengembangkan program PEKKA-PERINTIS; Perempuan Kepala Keluarga Inovator Indonesia untuk Mengakhiri Kemiskinan. Sebagai langkah awal pelaksanaan program ini akan diadakan rekrutmen dan pelatihan tim Promotor PekkaPerintis dari 34 Provinsi di tingkat Nasional. 

 

FaLang translation system by Faboba
Sekretariat Nasional
Jl.Pangkalan Jati V No.3 RT 011/05 Kel.Cipinang Melayu,Kec.Makasar Jakarta Timur Jakarta 13620 Indonesia
Phone: +62 21 860 9325 or 862 8706, Fax: +62 21 862 8706
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.