Gerakan Pekka-Perintis

Cetak

Jakarta, 20 Desember 2016. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) bekerjasama dengan Yayasan PEKKA (Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga) dan INSPIRIT mencanangkan Gerakan Pekka-Perintis di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada Selasa, 20 Desember 2016. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 600 perempuan kepala keluarga dari 34 Provinsi yang diorganisir sejak November 2016.

 Pekka-Perintis adalah sebuah inisiatif KPPPA bekerjasama de

ngan Yayasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dan INSPIRIT untuk memperluas jangkauan dan memperkuat peran penting perempuan secara umum dan perempuan kepala keluarga miskin secara khusus, agar menjadi subyek dan penggerak masyarakat dalam menghapuskan kemiskinan melalui gerakan Three End di Indonesia.  Pekka-Perintis diharapkan dapat menjadi gerakan sosial yang terstruktur dan berkesinambungan dalam mendukung program-program pemerintah di lapangan kedepannya. 

 Melalui program Pekka-Perintis, telah dilatih 104 Promotor Pekka-Perintis dari 34 propinsi.  Promotor telah mendata dan mendokumentasikan 1,800 orang Pekka-Perintis di wilayahnya masing-masing. Hingga saat ini telah terkumpul 1,800 orang Pekka-Perintis dari 34 Provinsi di Indonesia.  Mereka adalah perempuan kepala keluarga yang telah mengembangkan berbagai inovasi yang berguna bagi masyarakat sekitarnya.  Saat ini juga sedang dikembangkan Aplikasi Android Pekka-Perintis yang akan dipergunakan untuk menjangkau Pekka-Perintis di seluruh pelosok Indonesia.  Pada akhir tahun 2019 diharapkan paling tidak ada satu Pekka-Perintis di setiap desa di Indonesia yang akan menjadi motivator Gerakan Pekka-Perintis di Indonesia.  Mereka juga akan menjadi ujung tombak gerakan Three Ends yang telah dicanangkan oleh KPPA pada tahun ini yaitu gerakan mengakhirikekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan manusia, dan mengakhiri akhiri kesenjangan ekonomi.

FaLang translation system by Faboba
Sekretariat Nasional
Jl.Pangkalan Jati V No.3 RT 011/05 Kel.Cipinang Melayu,Kec.Makasar Jakarta Timur Jakarta 13620 Indonesia
Phone: +62 21 860 9325 or 862 8706, Fax: +62 21 862 8706
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.