Galeri Foto

  • Klik PEKKA, Cianjur 11 Juni 2014_1
  • Jurnalisme warga_2
  • Description: Kegiatan Media Komunitas yaitu dengan melibatkan anggota Pekka khususnya dan masyarakat umum, baik menggunakan Foto, Video atau tulisan dan sms monitoring untuk bahan advokasi dan pembelajaran.
  • Salah satu kegiatan PEKKA yaitu KF dan PAUD wilayah Banten_3
  • Jurnalisme warga_4
  • Description: Kegiatan Media Komunitas yaitu dengan melibatkan anggota Pekka khususnya dan masyarakat umum, baik menggunakan Foto, Video atau tulisan dan sms monitoring untuk bahan advokasi dan pembelajaran.

Memperjuangkan status melalui Sidang Keliling…..

Memperjuangkan status
melalui Sidang Keliling…..


Pagi, 14 Desember 2008 suasana yang tak biasa terlihat di kantor Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Puluhan orang laki dan perempuan menyesaki kantor seluas 300m².  Mereka duduk dan berdiri di sekitar ruangan yang ada, sambil sesekali melongokkan kepala ke kaca jendela ruangan. Sepintas terlihat raut wajah tegang, sebagian berjalan mondar mandir dan tak sedikit juga para lelaki mengepulkan asap rokok menunggu nama mereka dipanggil oleh petugas.

Seorang petugas berpakaian safari biru tua keluar dari ruangan yang berada di sudut kanan. “Ibu Siti Maesaroh dan Bapak Andri silahkan masuk” panggil petugas tersebut yang ternyata panitera Pengadilan Agama Cianjur. Laki-laki berpeci masuk memenuhi panggilan petugas, diikuti oleh seorang perempuan yang masih tampak muda. Di dalam ruangan telah duduk berjajar tiga laki-laki dan seorang perempuan berjubah dan toga. Mereka adalah para hakim dan satu orang panitera.

Hari itu berlangsung Sidang kasus gugat cerai dan itsbat nikah bagi 35 pasangan yang merupakan anggota kelompok pekka, keluarga anggota kelompok serta masyarakat sekitar. Kecamatan Cipanas,

Pacet dan Sukaresmi. Sidang kasus tersebut merupakan sidang di tempat atau sidang keliling yang pelaksanaannya merupakan hasil kerjasama Pekka dan Forum Pemangku Kepentingan (FPK) untuk program pemberdayaan hukum di kabupaten Cianjur.

Selengkapnya: Memperjuangkan status melalui Sidang Keliling…..

Adonara, Aku Ingin Kembali

Adonara, sebuah pulau yang hanya berupa noktah hitam dalam peta Indonesia. Wilayah ini berada di Kab. Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Pulau kering dan tandus itu menyimpan banyak cerita yang hampir tak pernah terangkat di media massa, baik media cetak maupun layar kaca. Cerita tentang kebersamaan, cerita tentang perjuangan hidup, cerita yang selalu ingin membuat kita kembali.

Selengkapnya: Adonara, Aku Ingin Kembali

Perjalanan ke Negeri Tenun Ikat Flores Timur – NTT, 3 – 12 Januari 2010

Matahari sudah mulai condong ke barat, saat saya mendarat di bandara Wai Oti’ di Maumere, Flores Timur. Penerbangan dari Denpasar ke Maumere memakan waktu 135 menit, karena harus transit dulu di Tambolaka, Flores Barat. Sebelumnya pesawat mengalami penundaan satu setengah jam di Jakarta, pada jam 07.30 pesawat merpati terbang dari Jakarta menuju Denpasar. Dari Denpasar, saya ganti pesawat MZ 685 menuju ke Maumere.

Selengkapnya: Perjalanan ke Negeri Tenun Ikat Flores Timur – NTT, 3 – 12 Januari 2010

Memimpin Desa Nisanulan ala PEKKA

PETRONELA PENI LOLI

Walaupun aku sudah cukup lama mengenal ibu Nela – begitu beliau dipanggil, namun perjalanan bersama nya ke Washington DC, memberiku peluang untuk mengenal bu Nela secara lebih dalam.  Bu Nela lahir di Dusun Walang, Desa Nisa Nulan pada 9 Oktober 1968.  Dia sekolah SD di desa Nisa Nulan, kemudian melanjutkan SMP di kota kecamatan Waiwerang, menumpang di rumah saudaranya.  Setamat SMA dia berkesempatan melanjutkan SMA swasta di kota Kabupaten, Larantuka dan tinggal  di asrama putri disana.  Dari kampungnya ada 11 yang melanjutkan ke SMA di saat itu dan 8 diantaranya perempuan.

Selengkapnya: Memimpin Desa Nisanulan ala PEKKA

FaLang translation system by Faboba
Sekretariat Nasional
Jl.Pangkalan Jati V No.3 RT 011/05 Kel.Cipinang Melayu,Kec.Makasar Jakarta Timur Jakarta 13620 Indonesia
Phone: +62 21 860 9325 or 862 8706, Fax: +62 21 862 8706
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.