Please wait...

Cerita Dari Lapang

Sore Tanggal 13 November 2017. Serikat Pekka  Pidie silaturahim di Desa Meugit Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Irza mewakili serikat bersama Fazriah fasilitator PEKKA melakukan kunjungan ini dengan…
ADVOKASI DANA DESA UNTUK TUNJANGAN KESEJAHTERAAN LANSIA

Sore Tanggal 13 November 2017. Serikat Pekka  Pidie silaturahim di Desa Meugit Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Irza mewakili serikat bersama Fazriah fasilitator PEKKA melakukan kunjungan ini dengan tujuan ingin berdiskusi dengan Keuchik/Kades Meugit membahas tentang komitmen desa dalam mengalokasikan dana untuk pemberdayakan perempuan dan tunjangan kesejahteraan lansia. Tunjangan kesejahteraan lansia ini penting untuk dibahas karena selama ini belum di perhatikan oleh pemerintah desa.

 

Ditemui langsung oleh Keuchik Meugit  yaitu bapak Abubakari,  diskusi diawali dengan membahas tentang kegiatan pemberdayaan perempuan  di desa Meugit.  Keuchik Meugit menyampaikan bahwa Dana Desa yang sudah dianggarkan ke kegiatan perempuan Desa Meugit tahap II sebesar Rp. 10.500.000,- . Dana itu bisa dimusyawarahkan untuk kebutuhan perempuan Desa Meugit. Untuk tunjangan kesejahteraan bisa dianggarkan Rp. 3.000.000,- dari total dana untuk pemberdayaan perempuan tsb seperti untuk  kegiatan  posyandu dan kesejahteraan lansia. Anggaran ini masih dirasa kecil jika dibandingkan pendapatan Desa Meugit tahun 2017 sebanyak Rp. 885.000.000,- (Delapan ratus Delapan puluh lima juta rupiah)

 

Mereka juga menanyakan tentang alokasi pendanaan pemberdayaan perempuan seperti pelatihan menjahit, warung desa, apotik desa, kesehatan reproduksi dan kegiatan peningkatan kapasitas perempuan lainnya.  Menurut Keuchik dalam waktu dekat akan diadakan diskusi dengan para pemangku kepentingan dan layanan konsultasi dengan mengundang pemangku kepentingan terkait layanan dasar seperti pembuatan KK 30 lembar, akta kelahiran 50 lembar dan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat Desa Meugit. Polres Pidie rencananya juga akan diundang untuk membahas tentang narkoba. Diakhir perbincangan Keuchik berjanji akan mengadakan rapat khusus perempuan untuk  membicarakan kegiatan spesifik perempuan Desa Meugit.

 

Kami optimis bahwa dana untuk lansia ini akan terealisasi dan kami akan mengawal proses sampai rapat bulan Desember 2017. Harapannya  semoga usulan terkait pemberdayaan bagi perempuan khususnya tunjangan untuk lansia bisa terlaksana dan bermanfaat bagi perempuan Desa Meugit. (Irza – Serikat Pidie Aceh)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

EN ID