Please wait...

Cerita Dari Lapang

Pertemuan rutin Kelompok Kasih Ibu Desa Rawang Besar Kecamatan SP Padang biasa dilakukan setiap tanggal 25 Agustus 2018. Hari itu, pengurus sebenarnya bingung materi apa yang akan diberikan untuk mengisi…
Pekarangan Jadi Sumber Pendapatan

Pertemuan rutin Kelompok Kasih Ibu Desa Rawang Besar Kecamatan SP Padang biasa dilakukan setiap tanggal 25 Agustus 2018. Hari itu, pengurus sebenarnya bingung materi apa yang akan diberikan untuk mengisi pertemuan. Tiba-tiba salah seorang anggota Pekka datang dengan membawa mentimun untuk dijual. Siti Aisah nama anggota tersebut saat ditanya mengatakan bahwa timun tersebut adalah hasil tanaman sendiri.

 

Beberapa bulan yang lalu, di kelompok telah mendiskusikan tentang tentang pemanfaatan lahan pekarangan. Ternyata Siti Aisah bersama ibunya yang juga merupakan anggota kelompok Pekka Kasih Ibu, telah mempraktekkan pemanfaatan lahan pekarangan tersebut. Dia mencoba menanam timun di lahan kosong dekat rumahnya. . Selain mentimun, Siti Aisah juga menanam cabe. Setelah beberapa bulan dirawat, saat ini sudah mulai menghasilkan. Saat ini sudah beberpa kali panen, sekali panen bisa lebih dari sepuluh kilo. Niat awalnya hanya untuk kebutuhan sendiri, namun karena hasilnya melimpah, akhirnya Siti memutuskan untuk menjualnya sebagai penghasilan tambahan bagi ibunya. Harga jual perkilonya enam ribu rupiah. Cerita Siti dan ibunya menjadi inspirasi bagi anggota yang lain untuk memanfaatkan pekarangan mereka yang kosong, paling tidak untuk konsumsi sendiri.

Kontributor Ratmi/kader Sumsel

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

EN ID