Please wait...

Cerita Dari Lapang

Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Mitra Usaha yang dikelola perempuan kepala keluarga (Pekka) di Kecamatan Sui Kakap, Kalimantan Barat tetap dirasakan manfaat untuk semua anggota. Mereka terus melakukan kegiatan simpan pinjam.…
Menyimpan dari Kekurangan: Koperasi Simpan Pinjam Pekka
Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Mitra Usaha yang dikelola perempuan kepala keluarga (Pekka) di Kecamatan Sui Kakap, Kalimantan Barat tetap dirasakan manfaat untuk semua anggota. Mereka terus melakukan kegiatan simpan pinjam. Kegiatan bulanan ini tak terhenti, walau pandemi Covid-19 seakan mematikan perekonomian.
 
Emak -emak Pekka tetap menabung, menyisihkan uangnya yang sedikit. “Sedikit pendapatan, sedikit yang dibelanjakan, dan sedikit juga yang ditabung di kelompok,” ujar Karmani, pengurus LKM saat memfasilitasi pertemuan LKM, sekaligus pertemuan pengurus Serikat Pekka Kabupaten Kubu Raya, pada Rabu, 24 Maret 2021.
 
Hingga akhir 2020, kelompok simpan pinjam Pekka telah berkembang lebih dari 2,000 kelompok dan membentuk 66 Koperasi Komunitas Pekka di 20 Provinsi. Kegiatan Simpin menjadi strategi PEKKA dalam mengorganisir perempuan kepala keluarga untuk pemberdayaan ekonomi. Sebab, mayoritas perempuan kepala keluarga merupakan kelompok perempuan termiskin yang tidak memiliki akses terhadap sumberdaya penghidupan.
 
Pengalaman PEKKA dalam pemberdayaan Ekonomi melalui koperasi simpan pinjam telah didokumentasikan melalui video berjudul “Menyimpan Dari Kekurangan.”
Yuk simak bagaimana mereka mampu dan berdaya melalui kegiatan simpan pinjam.
 

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

EN ID