Please wait...

EKONOMI DAN PENGHIDUPAN BERKELANJUTAN

Di tahap awal pengorganisasian Pekka, pemberdayaan ekonomi menjadi pintu masuk pengorganisasian yang efektif.  Ada dua kegiatan pemberdayaan ekonomi yang dilakukan yaitu pengembangan usaha dan pengembangan jasa keuangan.

  • Menyimpan (menabung)

PEKKA tidak mengawali kegiatan dengan memberikan bantuan ataupun pinjaman, namun mengajak anggota kelompok untuk menabung meskipun dengan nilai terendah yang mereka sanggupi.  Tabunganpun tidak harus dengan uang tunai, namun juga dapat dalam bentuk natura seperti hasil kebun yang dimiliki. Kegiatan ini menjadi proses perubahan perilaku dan cara berfikir dari mengharapkan bantuan pihak lain menjadi bertumpu pada kemampuan sendiri.  Selain itu, menabung juga melatih anggota untuk mengelola dana tunai dan sumberdaya keluarga dengan memperhitungan masa depan.  Menabung yang dilakukan dan dikelola secara kolektif membiasakan anggota untuk berdisiplin, jujur dan bertanggung jawab terhadap kewajiban mereka.

  • Meminjam (Kredit)

Anggota kelompok tidak serta merta dapat meminjam melainkan harus mematuhi kesepakatan yang dibuat dan jumlah pinjaman diberikan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan aktual dan kemampuan mengembalikan dalam jangka waktu yang disepakati.  Jasa yang diberlakukan disepakati bersama agar ada pertumbuhan dana yang bergulir dari kegiatan ini.  Diakhir tahun jasa yang terkumpul dihitung dan disepakati bersama peruntukkannya.  Sebagian dikembalikan pada anggota sebaga sisa hasil usaha, sebagian untuk pertumbuhan modal.

  • Asuransi Mikro

Asuransi mikro adalah dana yang dikumpulkan oleh anggota kelompok Pekka untuk memberikan perlindungan bagi anggota dan keluarganya dari berbagai resiko. Asurasi Mikro yang dikelola oleh Koperasi Pekka ini berupa pemberian kontribusi pembiayaan berobat bagi anggota yang menjadi peserta asuransi mikro, dan santunan k untuk keluarga anggota pekka yang meninggal.

  • Mengembangkan Kewirausahaan

Usaha yang dikembangkan sesuai potensi sumberdaya, kesempatan dan konteks.  PEKKA bekerja sama dengan pihak lain termasuk perusahaan swasta untuk mengembangkan kapasitas produksi dan jasa serta pengelolaannya. Jenis usaha yang dikembangkan meliputi pertanian organik, pengolahan makanan, salon desa, travel berbasis komunitas, warungan, tenun dan kerajinan

Jalan Pangkalan Jati V No.3, RT.11/RW.5, Cipinang Melayu, Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13620

seknas@pekka.or.id

(021) 8609325

EN ID